One Day Trip Kuala Lumpur

Ini adalah kali pertama saya transit pesawat di Kuala Lumpur dengan jeda masa transit 12 jam. Saya landing di Kuala Lumpur pada pukul 12.00 p.m. dan akan take off lagi pada pukul 11.15 p.m.. Jeda tersebut saya manfaatkan untuk one day trip Kuala Lumpur. Kita bisa menyewa loker di KL Sentral untuk menitipkan barang bawaan. Karena saya hanya membawa satu backpack, saya tidak menyewa loker. Harga sewa loker sekitar 12 RM, bisa lebih tergantung banyaknya barang bawaan. Oh iya, total cost untuk one day trip ini kurang dari 200 ribu rupiah lhoh! šŸ˜€

KL Sentral

Jika ingin menuju ke Kota Kuala Lumpur, tempat yang wajib disambangi pertama kali adalah KL Sentral. Di sini semua jenis transportasi untuk menjangkau sudut-sudut Kuala Lumpur tersedia mulai dari bus, MRT, monorel, express train, taxi, hingga kereta antarbangsa. Selain pusat transportasi, di sini juga menjadi pusat perbelanjaan. Banyak toko-toko mulai hari Charles and Keith, Uniqlo, hingga H & M. Food court makanan lokal Malaysia dan fast food seperti Burger King, Mc D, dan KFC juga tersedia di sini. Burger King dan KFC di Kuala Lumpur harganya lebih murah daripada di Indonesia. Jika dikurskan, paket KFC yang saya beli di Indonesia biasanya seharga Rp 30.000,- dan di Kuala Lumpur seharga Rp 24.000,-.

Cara paling murah untuk menuju KL Sentral dari KLIA / KLIA 2 adalah menggunakan bus. Waktu tempuh bus jika tepat waktu 1 jam. Harga tiket bus dari KLIA menuju KL Sentral adalah RM 10 dan dari KLIA 2 menuju KL Sentral adalah RM 12. Selain menggunakan bus, cara paling cepat tetapi cukup mahal adalah menggunakan KLIA Express seharga RM 50 dengan waktu tempuh 30 menit. Teman saya pernah memberikan info kepada saya untuk mencoba menggunakan kereta ke KL Sentral yang transit di Putra Jaya, katanya lebih murah tapi saya belum pernah mencoba.

Pasar Seni

Central Market / Pasar Seni

Banyak cinderamata khas Malaysia yang dapat ditemukan di tempat ini. Namun, jika ingin membeli cinderamata sebaiknya membeli di dalam Pasar Seni, bukan di pinggir luar karena harganya lebih mahal untuk barang yang sama. Saya membeli 6 gantungan kunci seharga RM 8. Di luar, gantungan kunci dengan model dan jumlah yang sama dijual seharga RM 15. Selain gantungan kunci, di sini juga ada kain, aksesoris, tas, hingga makanan khas Melayu. Saat itu, di Pasar Seni juga ada tarian khas Melayu untuk menghibur wisatawan yang berkunjung.

Di dalam Pasar Seni suasana sejuk karena ada pendingin ruangan. Jadi, cocok juga untuk ngadem. Untuk menuju Pasar Seni, dapat menggunakan Rapid KL dari KL Sentral turun di Stasiun Pasar Seni. Lokasi Pasar Seni berada di seberang Stasiun Pasar Seni.

Masjid Jamek

Masjid Jamek

Masjid Jamek merupakan salah satu bangunan religi yang iconic di Kuala Lumpur. Masjid ini sangat luas dan memiliki arsitektur bangunan klasik. Saya mengunjungi masjid ini sekaligus untuk sholat jamaā€™ Dhuhur dan Ashar. Sama seperti kunjungan saya pada bulan Januari lalu, di sekitaran sini sedang ada perbaikan sehingga saya tidak lama-lama berada di sini. Untuk menuju Masjid Jamek, bisa dengan jalan kaki dari Pasar Seni karena tidak jauh dan dapat menikmati suasana Kota Kuala Lumpur.

Dataran Merdeka

Dataran Merdeka

Lokasi ini merupakan salah satu lokasi yang wajib dikunjungi ketika berada di Kuala Lumpur. Ada museum dan taman yang dapat menjadi salah satu agenda wisata. Namun, karena waktu terbatas saya hanya berfoto saja di sini. Suasana sangat terik dan panas. Jadi, jangan lupa untuk membawa kaca mata hitam dan payung. Untuk menuju Dataran Merdeka, bisa jalan kaki dari Masjid Jamek karena lokasinya tidak terlalu jauh.

Mall Suria KLCC

Mall Suria KLCC terletak di dalam Menara Petronas. Di sini, banyak dijual barang dariĀ brand terkenal seperti Coach, LV, dan lain sebagainya. Saya tidak belanja di sini, hanya sightseeing sambil ngadem. Untuk menuju Mall Suria KLCC, kita perlu naik Rapid KL dari Masjid Jamek menuju KLCC.

Menara Kembar Petronas

Menara Petronas

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Kuala Lumpur tanpa berfoto di depan Menara Petronas. Menara ini terletak di depan Mall Suria KLCC. Ada taman yang ramai dikunjui oleh wisatawan karena di sinilah tempat yang tepat untuk berfoto dengan Menara Petronas. Di malam hari sekitar pukul tujuh, biasanya ada dancing fountain diiringi dengan pertunjukan lampu warna-warni dan musik di sini.

Urutan destinasi saya selamaĀ one day tripĀ Kuala Lumpur adalah KLIA 2 – KL Sentral – Pasar Seni – Masjid Jamek – Dataran Merdeka – Mall Suria KLCC – Menara Kembar Petronas – KL Sentral – KLIA. Total cost selama one day trip Kuala Lumpur adalah RM 58.6 atau jika dikurskan sekitar Rp 175,800. Berikut rincianĀ cost-nya.

No Items Price (RM)
1 Aerobus KLIA 2 – KL Sentral 12
2 Minuman 6.6
3 Burger King 9
4 Rapid KL total 5
5 KFC 8
6 Gantungan kunci 8
7 Sky Bus KL Sentral – KLIA 10
58.6