Subway Pass : Cara Hemat Keliling Tokyo

pengalaman-menggunakan-metro-subway-pass-1

Transportasi di Jepang itu sangat teramat costly. Separuh budget travelling bisa-bisa hanya digunakan untuk transportasi kesana kemari. Akan tetapi, banyak kartu pass yang dapat digunakan untuk menghemat transportasi selama berada di Jepang. Kali ini, saya akan membahas kartu pass paling murah untuk keliling Tokyo, yaitu Tokyo Subway Pass.

Source: tokyorailwaylabyrinth.blogspot.co.id

Pada liburan ke Jepang beberapa minggu yang lalu, saya mengandalkan subway sebagai transportasi utama ketika keliling-keliling Tokyo. Jika dibandingkan kartu pass lain di area Tokyo, subway pass ini adalah yang paling murah. Sebagai perbandingan, 3 Days Tokyo Subway Pass dijual dengan harga 1500 yen dan 3 Days Tokyo JR Wide Pass dijual dengan harga 10,000 yen. Akan tetapi, jika tujuannya hanya untuk keliling Kota Tokyo saja, Subway Pass menjadi pilihan yang tepat.

Source: tokyometro.jp

Tiga hari di Tokyo saya menjadi begitu irit dengan pass ini. Area-area favorit seperti Shinjuku, Shibuya, Harajuku, Ueno, Asakusa, Tokyo Sky Tree, Tokyo Tower, Roponggi, Disneyland (Via Shin Kiba Station ) dan masih banyak lagi tercover dengan pass ini. Pass ini open time, waktu habis dihitung dari waktu pertama kali pas ini digunakan, bukan waktu beli. Karena pada hari ke empat saya harus cabut dari Tokyo sekitar jam 7 pagi, pass ini masih bisa digunakan (saya menggunakan pertama kali sekitar jam 11 pagi di hari pertama).

HARGA

Ada tiga jenis durasi waktu Tokyo Metro Pass dengan harga yang berbeda-beda, yaitu 24 hours pass seharga 800 yen, 48 hours seharga 1,200 yen, dan 72 hours seharga 1,500 yen. Harga tersebut untuk orang dewasa. Sementara, untuk anak-anak harganya 50 % dari harga tersebut. Pokoknya, kartu ini the best dan mapnya mudah dipelajari.

WHERE TO BUY 

Saat itu, saya membeli subway pass di Bandara Narita. Selain di lokasi tersebut, kita juga dapat membelinya di Bandara Haneda, hotel tertentu, tokyo metro tourist information, HIS tourist information center, Tokyo metro pass office, and others.

Metro dan kereta JR sebenarnya mirip. Hanya saja, hampir semua jalur metro berada di bawah tanah sehingga pemandangannya gelap. Sementara, kereta JR tidak berada di bawah tanah sehingga kita dapat melihat pemandangan di sekitar jalur rel.

Website Resmi: http://www.tokyometro.jp/en/ticket/value/travel/