11 Tempat Makan di Bali : Halal, Lezat, dan Bercita Rasa Tinggi

1. Warung Mak Beng

Warung makan ini hanya memiliki satu menu makanan, yaitu paket ikan goreng, sup kepala ikan, dan nasi. Harga paket tersebut 45 ribu rupiah. Walaupun hanya ikan goreng, tapi rasanya bener-bener gurih dan nagih. Telebih jika dicocolin ke sambalnya. Karena cuma satu menu dan masaknya langsung banyak, tidak menunggu lama pesanan datang. Namun, ikan gorengnya tetap hangat dan sup nya segar.

Lokasi warung┬áMak Beng berada di pinggir Pantai Sanur. Warung makannya agak kecil. Jadi, kalau datang saat jam makan siang akan sangat mengantri. Warung makan ini must to visit kalau ke Bali. Paling tidak mampir ke sini sekali, pasti langsung ketagihan ­čśÇ .

Harga : Rata-rata 150 ribu untuk 2 orang

Jam Buka : 9.00 – 22.00

Alamat : Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur, Bali

2. Warung Mami

Sumber: Instagram @chityahuang

Namanya “warung” dan tempatnya sangat sederhana. Tapi, cita rasa Warung Mami benar-benar menghipnotis. Setiap seafood yang dimasak rempah-rempahnya meresap dan manthap. Saking banyaknya pelanggan Warung Mami, untuk makan di sini kita harus mengantri. Jadi, kalau tidak mau mengantri lama harus datang begitu warung ini buka ­čśÇ . Selain enak, di sini harganya juga murah meriah dibandingkan dengan warung seafood lainnya.

Harga :  Rata-rata 80 ribu untuk 2 orang

Jam Buka : 13.00 – 19.00

Alamat :

Jl. Uluwatu No. 2, Jimbaran, Bali

3. Gurih-Gurih

Resaturan ini menyajikan berbagai macam seafood seperti udang bakar, kerang bakar, ikan bakar, cumi bakar, dan lain sebagainya. Suasananya temaram dan syahdu.┬á Tempatnya sederhana tapi rasanya masakannya super. Saat itu, sepertinya saya habis hampir semangkok udang ­čśÇ . Harganya termasuk cukup murah. Cocok untuk makan malam bersama teman, keluarga, atau berdua sama pasangan. Pelayanannya baik. Saat itu, kami parkir mobil di lahan kosong samping warung Gurih-Gurih.

Harga : Rata-rata 150 ribu untuk  2 orang

Jam Buka : 11.00 – 22.00

Alamat : Jalan Tukad Barito Timur, Renon, Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali

4. Nook Cafe

Selain makanannya yang super lezat, lokasi Nook Cafe juga sangat instagrammable untuk berfoto. Platteringnya, sangat the best seperti makanan-makanan mahal. Hehehe. Tapi, harganya emang juga lumayan. Seporsi roti kayak donat yang ada salmonnya seperti di atas harganya sekitar 50 ribuan. Saat itu, teman saya memesan nasi campur. Rasanya juga sangat enak.

*Things to note, restaurant ini juga menyediakan menu babi tapi jumlahnya terbatas.

Harga : Rata-rata 250 ribu untuk 2 orang

Jam Buka : 08.00 – 22.00

Alamat : Jl. Pantai Berawa No. 90 XO, Canggu, Bali

5. Bebek Tepi Sawah

Source: www.bebektepisawah.com

Menu andalan bebek tepi sawah adalah bebek crispy-nya. Kita akan mendapatkan tiga jenis sambal saat memesan satu posi bebek crispy, salah satunya adalah sambal matah. Harganya memang pricey, tapi sesuai dengan porsi nya yang gedhe banget. Jika ingin berhemat, satu bebek bisa buat berdua dan pesen nasinya dua ­čśÇ . Walaupun crispy, tapi tidak berminyak.

Harga : 400 ribu untuk 2 orang

Jam Buka : 11.00 – 23.00

Alamat : Beachwalk, Lantai 2, Jl. Pantai Kuta, Kuta, Bali

6. Nalu Bowl’s

Source: www.nalubowls.com

Tentunya, ke sini alasan utamanya adalah untuk mecoba smoothies bowl ala-ala yang bagus untuk di foto ­čśÇ . Rasanya cuma bisa bilang manthap. Ini juga salah satu must to try kalau ke Bali. Lokasi ini sangat ramai saat sarapan pagi. Tempatnya kecil.Walaupun sibuk melayani pelanggan yang super padat, pelayanannya tetep oke dan ramah.

Harga : rata-rata 120 ribu untuk 2 orang

Jam Buka : 7.30 – 18.00 wita

Alamat :

7. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Rugi rasanya ke Bali kalau tidak merasakan nasi campur khas bali. Salah satu yang terkenal dan terbukti kelezatannya adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Saya penganut sekali makan satu lauk. Jadi, jarang campur-campur begitu. Awalnya ragu, tapi begitu tau rasanya langsung habis ­čśÇ . Lauknya ada sate lilit, telur pindang, kacang, ayam suwir, ayam dibumbui, dan sayur. Bahkan, sayurnya pun enak. Hehehe.

Harga : Rata-rata 100 ribu untuk 2 orang

Jam Buka : 7.00 – 23.00

Alamat : Jl. Kayu Jati No. 12, Seminyak, Bali

8. Seniman Coffee Studio

Source : @senimancoffee

Saya suka kopi tapi tidak terlalu expert tentang perkopian. Namun, tetap bisa rasain enak dan tidak. Dan, seniman coffe ini termasuk yang enak banget. Seperti namanya, Seniman Coffee, penyajian dan tata ruang restoran ini unik dan anti mainstream. Lokasinya enak untuk hangout bersama teman-teman. Sayangnya, tutup terlalu dini, jam 10 malam.

Harga :  Rata-rata 180 ribu untuk berdua

Jam Buka : 08.00 – 10.00

Alamat : Jl. Sriwedari No. 5, Ubud, Bali

 

9. Bali Buda

Source : Instagram Sarah Harris via www.kintamani.id

Walaupun makanan yang disajikan oleh Bali Buda adalah makanan sehat, penyajian dan rasanya cantik dan enak. Cafe ini, cocok sekali untuk yang sedang menjalankan program diet atau seorang vegan. Selain healthy food, konsep Bali Buda juga menyayangi alam. Mereka tidak menyediakan kantong plastik, hanya ada kertas untuk membungkus. Kalau ke sini, bisa coba Gourmet Burger alias vegetarian burger.

Harga : Rata-rata 300 ribu untuk 2 orang

Jam Buka : 7.00 – 22.00 wita

Alamat : Jl. Danau Tamblingan, Sanur, Bali

10. Ayam Bakar Wong Solo, Kuta

Seperti namanya, Ayam Bakar Wong Solo, bumbu-bumbu yang digunakan di restoran ini adalah bumbu-bumbu Jawa. Terutama, ayam bakarnya. Sebagai lidah Jogja asli, saya merasa cocok dengan cita rasa bumbu-bumbunya. Sambalnya lezat dan tahunya luar biasa gurih. Jadi, kalau kangen masakanan jawa saat berada di Bali, Ayam Bakar Wong Solo bisa jadi solusinya.

Harga : Jl. Raya Kuta No. 87, Kuta, Bali

Jam Buka : 08.30 – 22.00

Alamat : Rata-rata 80 ribu untuk 2 orang

11. Bebek Bengil

Lokasi Bebek Bengil yang saya kunjungi saat itu adalah cabang di Ubud. Saya memesan Bebek Bengil dan teman saya memesan Bebek Bakar Sambal Hijau seperti di atas. Daripada bebek bakar, bebek gorengnya lebih enak. Harga Bebek Bengil cuku pricey, seporsi Bebek Bakar Sambal Hijau sepeti di atas sekitar 122 ribu dan seporsi Bebek Bengil 125 ribu. Harga minumannya mulai dari 15 ribuan.

Harga : Rata-rata 300 ribu untuk 2 orang

Jam Buka : 10.00 – 22.00 wita

Alamat : Jl. Hanoman, Ubud, Bali