Cara Ke Sentosa Island: Jalan Kaki hingga Cable Car

Negeri singa ini terkadang harga transportasinya membuat ingin berkata singo! Sebagai kereta mania, yang perta kami cek adalah kereta menuju ke Pulau Sentosa. Sentosa Express.

Untuk ke pulau penuh atraksi di seberang mainland Singapura ini, harga yang ditawarkan Sentosa Express adalah SGD 4 unlimited ride dalam sehari. Cukup pricey sih jika hanya digunakan untuk pulang pergi karena jalan pun sebenernya deket. Hehehe. Singapore Tourist Pass (STP) tidak dapat berlaku untuk rute kereta di Sentosa Island. Berikut saya rangkum berbagai cara menuju ke Sentosa Island dari yang gratis hingga berbayar 300 rb pulang pergi 😀

  1. Sentosa Broadwalk

Seperti namanya, Sentosa Broadwalk adalah walking area untuk menuju pulau Sentosa dari Vivo City Mall. Dan opsi inilah yang kami pilih. Selain gratis, pemandanganan sepanjang perjalanan juga sayang untuk dilewatkan. Jalan kaki menuju Pulau Sentosa via Sentosa Broadwalk sebenarnya tidak terlalu jauh. Disediakan juga fasilitas eskalator datar di area teduh.

Walking area ini free hingga 31 Desember 2018. Lokasinya berada di VivoCity lobby F, level 1. Untuk menuju Vivo City Mall, kita bisa menggunakan MRT dan berhenti stasiun Harbourfront. Rencananya, harga Sentosa Broadwalk setelah 31 Desember 2018 adalah SGD 1. Operating hours Sentosa Broadwalk 24 jam. Jadi, bisa pulang kapan saja. Tapi, makin malam makin banyak yang berpasang-pasangan. wkwkwk.

 

  1. Bersepeda

Bike sharing sedang hype di Singapura. Bike sharing adalah suatu aplikasi rental sepeda. Kita dapat menemukan dan memarkirkan sepeda dimana saja. Aplikasi ini akan menunjukkan sepeda terdekat dari lokasi kita. Jika sudah menemukan sepeda, tinggal diunlock dan siap pakai. Harganya pun sangat teramat hemat, yaitu 50 sen per tiga puluh menit.Di Sentosa Broadwalk menuju Sentosa Island terdapat bike trekking. Jadi, kita dapat menggunakan sepeda untuk menuju dan mengelilingi Sentosa Island.

  1. Bus

Ada 2 jenis bus yang dapat digunakan untuk menuju Sentosa Island. Kedua bus tersebut sama-sama melewati Vivo City Mall. Berikut 2 jenis bus yang menghubungkan Sentosa Island dengan Singapore Mainland:

  • Public Bus

Public Bus adalah bus yang tulisannya SBS trasit.

  • Shuttle Bus dari Beach Station ke Vivo City Mall

Bus ini hanya ada pada hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan Public Holidays. Operating hoursnya sangat singkat, dari jam 6 sore hingga 9 malam. Jadi, hanya mengantar pengunjung Sentosa Island yang akan kembali ke Singapore mainland.

  1. Sentosa Express

Sentosa Express adalah kereta monorail utnuk menuju Pulau Sentosa. Walaupun memiliki Singapore Tourist Pass, kartu tersebut tidak berlaku untuk monorail ini. Harga Sentosa Express Pass adalah 4 SGD unlimited ride 1 hari monorail ini beroperasi mulai jam 7 pagi hingga 12 malam. Dari MRT Harbourfront, kita bisa lanjut naik monorail ini menuju 3 stasiun di Pulau Sentosa :

Waterfront Station – (Di dekat Resorts World Sentosa yang berisi Universal Studio, Casino, Trick Eye Museum, dan lain-lain)

Imbiah Station – (Di tenga-tengah Pulau Sentosa dekat patung merlion yang besar)

Beach Station – (Di dekat Palawan Beach, Siloso Beach, Wings of time, Sky Luge, pubs, dan berbagai tempat makan)

  1. Cable Car – 15 SGD sd 35 SGD

Terakhir, yang paling mahal adalah menggunakan cable car. Lokasi cable car berada di dekat Harbourfront MRT. Operating hoursnya dari jam 8.45 a.m. hingga 9.30 p.m. Berikut detail harga cable car:

Selain harganya mahal, alasan tidak memilih cable car adalah karena saat itu mendung. Kami memiliki pengalaman buruk menaiki cable car saat turun hujan ketika menuju Genting Highland. Saat itu, karena hujan lebat dan petir, kereta yang kami naik berhenti di tengah jalan pas di tinggi-tingginya. Emergency alarmnya pun berbunyi. 🙁

Jika ingin menikmati pemandangan, asyiknya lewat Boardwalk dengan cara berjalan kaki atau pun bersepeda. Tapi siapkan tenaga extra ya! Kalau mau simpel dan hemat bisa via Sentosa Express. Tapi, kalau budget berlebih dan ingin experience sensasi cable car perlu dicoba!