Wat Arun dan Pasar Oleh-Oleh Rupiah

Di bulan yang sama, saya harus kembali ke Thailand untuk mengerjakan tugas dari kampus berkaitan dengan Cross Cultural Conflict Management (CCCM). Jika dua minggu yang lalu saya memilih untuk menjelajah luar Bangkok, kali ini saya hanya keliling Bangkok saja. Hari pertama, pagi-pagi saya pergi ke Wat Arun untuk mencari spot foto lucu dan berbelanja.

Patung di Wat Arun

 

Wat Arun berada di seberang Wat Pho. Cara ke Wat Arun dan Wat Pho, kita bisa menaiki BTS dan turun di Saphan Taksin Station. Dari situ, jalan sedikit ke arah kiri ada dermaga berwarna biru-biru bernama Sathorn Pier. Perahu yang berhenti di Wat Arun dan Wat Pho ditandai dengan bendera oranye. Perahu untuk tujuan lain, dapat dibaca di peta yang berada di dekat pintu masuk. Totalnya ada sekitar 4 bendera, yaitu berwarna hijau, oranye, merah, dan kuning. Ongkos kapal dari Sathorn Pier ke Wat Arun adalah THB 15. Jika menggunakan perahu wisata, ongkosnya THB 40.

Tembok Wat Arun

Ketika saya berkunjung, kondisi Wat Arun atasnya tidak terlalu bagus karena banyak penyangga. Tapi, di kaki-kaki candi kita tetap bisa mendapatkan spot foto khas Thailand yang lucu. Saya berada di sekitaran candi kurang lebih satu jam dan cuaca sangat teramat panas. Jangan lupa membawa payung, sunblock, dan kaca mata hitam.

Patung di Tembok Wat Arun

Luas Wat Arun lebih kecil daripada Wat Pho. Tiket masuknya THB 50. Di area Wat Arun, ada pasar oleh-oleh Thailand yang cukup murah dan bisa dibayar pakai rupiah! Menurut blog walking yang saya baca, ada gantungan kunci yang murah-murah seharga Rp 4.000 / biji dan saya menemukannya! Hehehe. Jangan lupa untuk menawar jika berada di sini. Harga gantungan kunci seperti di bawah ini adalah THB 100 2 pack ( 1 pack 5 pcs ). Saya juga membeli kaos dengan gambar dan tulisan khas Thailand. Jika menggunakan rupiah, harganya Rp 100.000,- dapat 3. Jika membeli banyak THB 1.000 dapat 14 kaos dan THB 500 dapat 7 kaos. Artinya, sebiji kaos hanya Rp 28.600,-! Saya hanya membeli 2 biji, kedua teman saya membeli 5 biji sehingga saya tetap dapat harga diskon tersebut. Saat itu, nilai tukar bath ke rupiah adalah THB 1 sama dengan Rp 400,-. Hal wajib yang harus dilakukan sebagai magnet fridge collector, tentu saja membeli magnet kulkas. Saya hanya membeli sebiji THB 35. Harga tersebut cukup mahal daripada harga magnet fridge di Kuala Lumpur.

Hehehe B)

Karena tidak ada tour guide, saya sedikit blog walking terlebih dahulu sejarah tempat ini. Kuil Fajar atau Candi Fajar adalah nama lain dari Wat Arun. Candi yang dibangun pada masa kerajaan Ayutthaya ini juga memiliki nama panjang lhoh, yaitu Wat Arunratchawararam Ratchaworamavihara. Nama keren lain candi ini adalah The Temple of Dawn, karena di sini adalah tempat yang tepat untuk melihat sunset.

Thai Tea Peredam Panas

INFORMASI PENTING

Entrance Fee Wat Arun : THB 50

BTS Thong Lo – Saphan Taksin : THB 42

Kapal Sathorn Pier – Wat Arun : THB 15

Kaos Thailand : THB 500 / 14 pcs

Gantungan Kunci : THB 100 / 10 pcs