Tempat Wisata Jogja yang Wajib Dikunjungi

“Tul, gue mau ke Jogja nih. Mesti ke mana?” Saking banyaknya teman yang menanyakan hal tersebut, akhirnya saya membuat list di bawah ini supaya cepat dicopas. Hehehe. Tentunya, tempat wisata jogja di bawah ini adalah top 23 terbaik favorit saya. Jadi, yang nyampe tapi zonk dan nggak sebagus difoto tidak ada dalam daftar ini.

 

  1. Candi Ratu Boko

Lebih dari 15 tahun hidup di Jogja, saya baru ke tempat ini setelah hits di AADC. Hehe. Nggak update banget ya. Ini adalah candi favorit saya. Nggak bosen ke sini berkali-kali. Lokasinya berada di bukit yang tidak terlalu tinggi. Jadi bagus untuk melihat sunset. Asli bagus banget! Lebih baik datang ke sini sore hari agar tidak panas ketika berkeliling candi dan tidak terlalu lama untuk menunggu momen sunset. Bagi yang muslim, tidak perlu khawatir. Di candi ini ada akses langsung menuju masjid. Jadi, selesai menikmati sunset bisa langsung sholat maghrib.

Jam buka     : 06.00 – 17.00 WIB

Harga tiket  :Rp 25.000,- (sebelum pukul 3 sore) dan Rp 100.000,- (setelah pukul 3 sore)

Alamat          : Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

 

  1. Hutan Pinus Mangunan

Lokasi ini cocok untuk ngadem sambil menikmati angin sepoi-sepoi di hammock. Mengunjungi Hutan Pinus Mangunan bisa kapan saja, pagi, siang, ataupun sore. Biasanya, saya mengunjungi Hutan Pinus Mangunan pagi hari setelah berburu sunrise di Kebun Buah Mangunan. Di sini, banyak pedagang makanan. Namun, area pedagang dan hutan pinus dipisahkan sehingga area hutan pinus tetap bersih. Oh iya, sekarang ada taman bunga dan rumah pohonnya juga lhoh! Tambah cocok buat foto-foto.

Jam buka     : 06.00 – 17.30 WIB

Harga tiket  : Gratis

Alamat          : Desa WisataMangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta

 

  1. Kebun Buah Magunan (Sunrise)

 

 

Sumber: jejakpinknik.com

Perlu prediksi tepat untuk mengunjungi tempat wisata jogja yang satu ini agar tidak ketinggalan momen-momen sunrise dan lautan kabut. Ciri khas dari Kebun Buah Mangunan ini bukan buahnya. Melainkan lautan kabut yang hanya dapat dilihat di pagi hari. Tapi, kalau sampainya kesiangan, bisanya lautan kabut sudah mulai naik dan menghilang. Jadi, kita harus sampai tempat ini saat subuh.  Tidak perlu khawatir ketinggalan sholat subuh bagi yang muslim karena di tempat ini disediakan musholla.

Jam buka     : Sunrise – 18.00

Harga tiket  : Rp 5.000,-

Alamat          : Desa Wisata Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

 

  1. Putuk Setumbhu (Sunshine)
Sumber: liputan6.com

Meski butuh sedikit perjuangan untuk sampai ke tempat ini, tapi pemandangannya asli bangus banget! Teman saya yang saya ajak ke sini bilang “Majestic!” Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi hari ketika sunrise. Bener-bener harus sampai sebelum subuh lhoh ya! Kalau tidak, kabutnya sudah naik. Selain itu, pastikan cuaca tidak mendung. Kalau mendung tidak terlihat apa-apa. Hanya putih semua.

Saat saya dan teman-teman ke sana, kacamata teman saya ketinggalan di musholla. Perjalanan kami sudah jauh dari Puthuk Setumbu. Lalu, kami mencoba menelfon office Puthuk Setumbu yang tertera di tiket untuk memberitahukan tentang kaca mata tersebut. Beruntungnya, ketemu dan dikirim oleh pihak Puthuk Setumbu ke rumah teman saya.

Jam buka     : 04.00 – 17.30

Harga tiket  : Rp 15.000

Alamat          : Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur

 

  1. Bukit Paragang Endog

Percaya nggak kalau saya pernah bikin novel waktu SMA? Hehe. Tempat wisata jogja yang satu ini menjadi salah satu latar novel saya. Di sini, kita bisa melihat pantai parangtritis dan hamparan laut selatan dari atas bukit. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata jogja yang satu ini adalah ketika sunset. Saat pulang selesai melihat sunset, kita akan disuguhi pemandangan gemerlip kota Jogja yang indah.

Jam buka     : 05.00 – 18.30

Harga tiket  : Rp 5.000

Alamat          : Kota Yogyakarta – Jl. Parangtritis – pertigaan sebelum TPR ke kanan – pertigaan Pantai Depok ke kiri – Parangkusumo – pertigaan Jl. Parangtritis ke kanan – ikuti jalan naik ke bukit – pertigaan di atas bukit ke kanan – parkiran Bukit Parang Endog. Kalau bingung

 

  1. Lava Tour Merapi

Sumber: www.tripadvisor.com

Jika ingin merasakan adem-ademnya Jogja, bisa mengunjungi tempat wisata jogja yang satu ini. Umumnya, orang-orang ke sini dan memesan jeep tour untuk mengeksplore sekitar merapi. Tapi, jika ingin hemat tidak usah menggunakan jeep tidak apa-apa. Cuma jalannya jauh. Hehehe.

Jam buka     :07.00-16.000

Harga tiket  : Tour Jeep mulai dari Rp 350.000/ jeep. Bisa sampai 4 orang.

Alamat          :  Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman

 

  1. Tamansari

Tempat wisata jogja yang satu ini adalah ter-favorit saya dan teman-teman. Walaupun sudah pada pernah ke Taman Sari, tapi rasanya tidak lengkap ke Jogja jika tidak mengunjungi Tamansari. Selain berwisata sejarah, kita bisa foto ala-ala di sini. Sayangnya, taman sari tutup pukul 5 sore. Setelah itu, pintunya akan ditutup sehingga tidak bisa menikmati sunset di sini.

Jam buka     : 08.00 – 17.00

Harga tiket  : Rp 5.000 (wisatawan lokal) dan Rp 12.000 (wisatawan asing)

Alamat         Jl. Kyai Haji Wahid Hasyim, no: 129, Yogyakarta

 

  1. Hamzah Batik

Sumber: tripadvisor.com

Dulunya, tempat ini bernama Mirota Batik. Untuk yang tidak mau mencari oleh-oleh berdesak-desakan dan berpanas-panasan, bisa mengunjungi tempat ini. Namun, harganya tentu sedikit berbeda daripada ketika kita membeli di pasar. Bau khas dari Hamzah Batik ini seperti bau menyan. Tapi, tidak serem kok. Hehehe.

Jam buka     : 08.00 – 21.00

Harga tiket  : Tidak bisa ditawar

Alamat          : Jalan Margo Mulyo No 9 (Depan Pasar Beringharjo)

 

  1. Candi Borobudur

Sumber: pixabay.com

Tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Yap! Pasti kalian sudah pernah mendengar namanya atau bahkan sudah pernah mengunjunginya. Jika memiliki budget lebih, bisa mengunjungi Borobudur ketika Golden Sunrise. Walaupun harganya mahal pake banget, tapi pemandangan yang didapat juga asli bagus banget. Saya belum pernah sih, cuma sering diceritain. Hehehe. Oh iya, ini lokasinya di Jawa Tengah, tapi hampir masuk Jogja. Hehe.

Jam buka     : 06.00 -17.00

Harga tiket  : Rp 30.000 (wisatawan lokal) dan $20 (wisatawan asing)

Alamat          : Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

 

  1. Pantai Timang

Sumber: ngetripyuk.id

Akhir-akhir ini, tempat wisata jogja yang satu ini menjadi sangat hits. Terutama, setelah dibukanya gondola menuju pantai timang. Ya! kita bisa mencoba gondola konvensional yang biasanya hanya boleh digunakan oleh nelayan atau penambang sekitar. Gondola ini benar-benar konvensional lhoh dengan kayu, tali tambang, dan tali tampar. Di bawahnya adalah laut selatan dengan ombak yang begitu ganas. Jika kalian memiliki nyali yang tinggi, pantut mencobanya. Tapi, jika seperti saya menontonn saja sudah deh-deh gan. Di sini, ada juga jembatan menuju pantai timang. Jembatannya juga konvensional tanpa pengaman.

Jam buka     : –

Harga tiket  :

Rp 5.000,- (tiket masuk)

Rp 100.000,- (menyebrang jembatan)

Rp 150.000,- (menggunakan gondola)

Alamat          :  Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Gunung Kidul

 

  1. Bukit Pengilon

Pertama kali saya melihat tempat wisata jogja yang satu ini, rasanya seperti berada di Bukit Merese Lombok. Ada dua pilihan untuk menuju lokasi ini, melewati Desa Balong atau berjalan kaki melalui Pantai Siung. Apabila berjalan kaki, kita harus menyusuri pinggiran bukit dan melewati sebuah pantai yang ada air terjun. Uniknya, air terjun tersebut langsung jatuh ke bibir pantai lhoh!

Jam buka     : –

Harga tiket  : Rp 2.000 (tapi biasanya ditarikin retribusi dari lokasi yang dilewati menuju ke sini, totalnya Rp 11.000)

Alamat          :Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul

 

  1. Pinus Pengger

Sumber: jogjaspace.com

Bukit-bukit di area Dlingo memang lagi hits akhir-akhir ini. Warga setempat juga mulai membangunnya dengan berbagai fasilitas sederhana untuk wisatawan. Salah satunya adalah membuat rumah pohon, spot foto, musholla, toilet, dan lain sebagainya. Di pagi hari, kita akan disuguhi sunrise dan lautan kabut. Di siang hari, kita disuguhi pemandangan kota / hamparan hijau bukit di sekitarnya. Di malam hari, kita akan disuguhi city light seperti di Hutan Pinus Pengger ini.

Jam buka     :  Yang penting jangan malem banget(20.00 +) wkwk

Harga tiket  : Rp 2.000,-

Alamat          : Dusun Sendangsari desa Terong Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul

 

  1. Malioboro

Sumber: bonvoyagejogja.com

Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan tempat ini? Entah apa magnetnya, ketika pulang ke Jogja selalu aja ada alas an untuk ke sini. Jika bosan berbelanja di Malioboro, kita bisa menikmati pertunjukkan angklung atau pun duduk duduk menikmati lalu lalang pejalan kaki. Waktu yang cocok untuk ke sini adalah malam hari. Tidak panas, ditemani lampu-lampu kota, dan kehangatan dari musik-musik angklung.

Jam buka     : Kapan saja

Harga tiket  : Gratis

Alamat          : Jalan Malioboro, Yoyakarta

 

  1. Alun Alun Kidul

Sumber: maioloo.com

Rasanya, tidak ada kebosanan walaupun sudah berkali-kali mengunjungi tempat ini. Favorit saya adalah menaiki becak warna warni dan makan angkringan di tengah alun-alun. Jangan lupa menawar ya! Dan jangan kelihatan berbanyak, 3 orang aja dulu yang nawar. Hehehe. Selain itu, di sini juga ada mitosnya. Jadi, jika melewati dua pohon beringin di tengah alun alun dengan mata tertup berarti beruntung.

Jam buka     : Kapan saja, lebih pas malam menjelang sore

Harga tiket  : Gratis

Alamat          : Jalan Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta

 

  1. Museum Ullen Sentalu

Sumber: panduanwisatajogja.com

Museum ini merupakan museum yang isinya tentang sejarah-sejarah kerajaan mataram. Sayangnya, di setiap barang museum tidak ada penjelasannya. Jadi, harus menggunakan guide tour jika mau mendalami sejarah museum. Hutan alami dan taman di museum ini sangat sejuk. Cocok sekali untuk ngadem dari panasnya Kota Yogyakarta.

Jam buka     : Senin Tutup. 08.30-15.00

Harga tiket  : Rp 30.000 (wisatawan lokal) dan Rp 50.000 (wisatawan asing)

Alamat          : Jalan Boyong, Pakem, Kaliurang, Sleman

 

  1. Puncak Becici

Presiden Obama dan saya aja ke sini, masak kamu enggak?! #siapasaya Waktu terbaik untuk mengunjungi Puncak Bercici adalah di saat sunrise. Kita bisa berfoto ala-ala seperti foto andalan saya di atas. Hehehe. Selain itu, di sini juga banyak tempat duduk di pohon. Kita bisa menikmati angin sepoi-sepoi dan duduk duduk di atas pohon tersebut. Jalan menuju puncak becici juga dipenuhi dengan hutan pinus.

Jam buka     : –

Harga tiket  : Gratis

Alamat          : Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

 

  1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Mengunjungi tempat wisata jogja yang satu ini rasanya seperti berada di alam Jurrasic Park. Tapi, tanpa dinosaurus #iyalahjelas. Di sini banyak batu-batu raksasa seperti di film Jurrasic Park. Untuk yang suka hiking santai atau naik gunung tapi gak mau terlalu capek bisa ke sini. Menurut saya, asik banget nyantai sore di sini sambil menikmati sunset. Jangan lupa bawa senter. Hehe.

Jam buka     : 24 jam

Harga tiket  : Rp 15.000 (siang hari) dan Rp 20.000 (malam hari)

Alamat          : Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

 

  1. Gua Pindul

Sumber: trioloka.com

Sudah mendengar kehebohan Gua Pindul saat libur panjang? Ya! Sampai waiting list dan beberapa pengunjung harus pulang karna terlalu penuh. Berkunjung ke Gua Pindul memang harus pandai-pandi memprediksi waktu. Saran saya sih jangan weekend atau libur panjang. Di sini, kita akan dibawa mengarungi sungai bening di bawah goa yang memliki hubungan dan sejarah dengan keraton Yogyakarta. Ada juga batu yang bisa digunakan untuk loncat bebas. Saya berhasil mencobanya walupun deg-deg an pakai banget. Hehehe.

Jam buka     : 07.00 – 16.30

Harga tiket  : Rp 40.000,-

Alamat          : Wirawisata ,Gelaran 2 ,Bejiharjo,Karangmojo,Gunungkidul

 

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Karena di Jogja tidak ada snowboarding, sandboarding solusinya! Selain berfoto ala-ala Gurun Sahara tapi pasirnya berwarna hitam, di sini kita bisa mencoba sandboarding-meluncur di atas pasir dengan papan. Waktu yang tepat untuk sandboarding adalah sore hari. Ketika pagi, pasirnya masih basah oleh embun. Ketika siang, cuacanya sudah sangat panas. Ketika malam, berani gelap gelapan? Hehehe. Jangan lupa untuk memastikan cuaca hari itu. Pastikan siang atau sorenya tidak hujan. Jadi, pasirnya tidak basah. Karna kalau pasirnya basah tidak bisa untuk sandboarding. Seret.

Jam buka     : 07.30 – 18.00

Harga tiket  : Rp 5.000,-

Alamat          : Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul

 

  1. Tebing Breksi

Pertama kali saya berfoto di sini, teman saya mengira ini di Bali. Hehehe. Saat ini, Tebing Breksi sudah semakin indah dengan ukiran-ukiran di batu breksi. Kalau siang di sini panas sekali tapi cahayanya bagus buat foto.

Jam buka     : 06.00-21.00

Harga tiket  : Gratis

Alamat          : Sambirejo, Prambanan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman

 

21. Pantai Wedi Ombo

Ombak pantai selatan itu berbahaya, jadi nggak boleh buat berenang. Tapi, pantai ini menawarkan solusinya. Kita bisa ceceburan alias basah-basahan di bibir pantai atau di lagunanya karena bibir pantai ini dikelilingi oleh karang. Tetep gak boleh sampai tengah lhoh ya. Pasir di pantai Wedi Ombo berwarna putih. Di pinggirannya banyak pohon-pohon yang rimbun. Jadi bisa ke pantai tanpa gosong.

Jam buka     : 06.00-21.00

Harga tiket  : Gratis

Alamat          : Sambirejo, Prambanan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman

 

22. Pantai Wokudu

Untuk menuju Pantai Wohkudu memang membutuhkan cukup effort. Kita harus melalui semak-semak dulu. Tapi gak lama kok, 15 menit an sepertinya. Pantai ini beneran kayak pantai pribadi! Yang jualan baru satu. Pantai Wohkudu juga dikelilingi karang. Jadi kita bisa ceceburan bebas. Di karang-karang nya juga tumbuh berbapa biota laut. Cantik cantik. Kalau lelah dan kepanasan, bisa beristirahat di bawah tebing. Tapi ini bahaya. Hehe. Beberapa tahun lalu pernah ada kejadian tebing roboh tapi bukan di pantai ini. Biasanya, di sekitar area pantai ini juga dipakai untuk camping.

Jam buka     : 24 Jam

Harga tiket  : Gratis

Alamat          :Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul

 

23. Pantai Goa Cemara

Walaupun namanya Goa Cemara, di sini tidak ada goanya. Sebutan “Goa Cemara” adalah untuk pepohonan cemara di sekitar pantai yang sangat rimbun sehingga bentuknya menyerupai gua. Pantai yang berada di daerah Bantul ini merupakan pantai berpasir hitam. Dengan banyaknya pohon cemara di sekitar pantai, di sini kita bisa menikmati angin sepoi-sepoi pantai tanpa khawatir kepanasan.

Jam buka     : 24 Jam

Harga tiket  : Rp 3.000,-

Alamat          : Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul

Nah, itulah tp 23 tempat wisata jogja yang favorit. Biar tambah nyaman saat berwisata di Jogja, bisa kunjungi halaman 7 Tips Traveling Nyaman di Jogja.