Menikmati Festival Tulip Mania 2018 di Gardens by The Bay

Bunga tulip tumbuh di Singapura?! Ya! Walaupun berada di negara tropis, di Flower Dome Singapura segala macam bunga bisa dipertahankan dengan baik. Jika beberapa bulan lalu di lokasi ini ada festival Bunga Sakura, kali ini ada festival Tulip Mania. Seperti namanya, banyak sekali tanaman bunga tulip asli berbagai warna dan jenis. Tanaman bunganya didatangkan lansung dari Belanda lhoh!

Tiket Flower Dome saya beli via KLOOK seharga 241.282,-. Harga tiket ini termasuk untuk memasuki area Cloud Forest. Jika beli OTS, harganya 28 SGD sekitar 288.000. Untuk tiket yang beli di KLOOK, tidak perlu menge-print. Kita hanya perlu menunjukkan e tiket via aplikasi KLOOK dan masuk deh! Oh iya, di sini gak ada wifi. Jadi, buat yang terlalu sayang duit untuk paketan roaming atau beli sim card, bisa di download dulu e tiket nya.

Flower Dome adalah sebuah ruangan kaca yang luas berisi berbagai jenis tanaman. Suhu di dalam ruangan ini berbeda dengan suhu alami kawasan Singapura. Hal ini bertujuan agar berbagai macam tanaman dari lingkungan sejuk dan dingin dapat hidup dengan baik. Tidak dingin-dingin amat sih, jadi tidak perlu membawa jaket. Suhunya sekita 23-25 derajat celcius.

Saya mengunjungi flower dome Sabtu, 14 April 2018 tepat satu hari setelah festival Tulip Mania dimulai sehingga banyak Bunga Tulip yang belum mekar sempurna. Untuk mengecek jadwal festival, dapat mengunjungi official website Gardens by The Bay di sini. Pada hari Sabtu tersebut, sangat teramat ramai. Area ini jadi seperti wahana selfie mania. Tak jarang take photo nya brutal-brutal rebutan spot, untung gak ada yang berani foto sampai ketengah area tanaman bunga jadi bunganya gak keinjek-injek.

Area flower dome ini lebih kecil daripada cloud forest. Cukup untuk dijelajahi kurang  dari satu jam. Tak perlu khawatir untuk kebelet karena di dalam flower dome disediakan toilet. Jika lelah, bisa duduk-duduk di area yang banyak kursi di dekat pintu keluar.

 

Acara Tulip Mania ini menurut saya 8 dari 10. Entah kenapa tidak terlalu memuaskan karena kesannya kurang alami, ngeliat tanaman ditata. Jadi, seperti tanaman udah jadi didatengin dari Belanda dan di sini ditata. Kayak bunga-bunga di PVJ gitu. Hehehe. Semoga dicukupkan rejeki untuk ke alam aslinya. Amiin. Tapi, cukup untuk mengobati kerinduan dengan bunga warna warni tanpa harus merogoh kocek terlampau dalam.

INFORMASI PENTING

Location: Flower Dome, Gardens by The Bay

Entrance fee Flower Dome: 28 SGD

Opening hours: 9.00 a.m. – 9.00 p.m.