3 Juta Keliling Singapura All in 4 Hari 3 Malam? Yuk, Intip Itinerari-nya!

Traveling Date : 14-17 April 2018

Tibalah saatnya berhitungĀ berapakah pengeluaran Singapore Trip 2 bulan yang lalu. Sebenarnya, sudah dihitung sejak lama tapi effort untuk menuliskannya ke dalam blog akhir-akhir ini menurun. Terlebih, entah kenapa sebulan yang lalu selama dua minggu visitor blog jadi 1 hingga 10 orang aja. Hiks. Ternyata, setelah dicari tahu algoritma google berubah. Intinya, masalah teknis dan sekarang sudah pulih kembali. Yeayyy šŸ˜€ . Berikut, adalah gambaran itinerary kami 4 hari 3 malam di Singapura pada tanggal 14 – 17 April 2018.

Itinerary di atas, di hari ke tiga, kami mengorbankan jadwal jalan-jalan untuk hadir di acara Avenger Infinity War Red Carpet. Dan bertemu Hulk, Nebula, Dokter Strage, dan Tony Stark!!! Seharusnya, pada hari itu kami berjalan-jalan di Orchard Road, Merlion Park, Clarke Quay, dan Esplanade. Jika teman-teman ingin menjadikan itinerary di atas sebagai referensi, di hari ketiga bisa diganti dengan jalan-jalan ke tempat-tempat iconic di Singapura tersebut. Tiket masuk tempat-tempat iconic tersebut gratis dan bagus buat foto-foto. Terlebih, di Merlion Park kita bisa berfoto dengan patung Merlion. Berikut, adalah pengeluaran per orang selama 4 hari 3 malam perjalanan di Singapura beserta penjelasannya:

Tiket Pesawat

Kami menggunakan pesawat Air Asia Bandung-Singapore PP. Tiket Bandung-Singapore dibeli langsung melalui website Air Asia seharga Rp. 696.000,-. Sementara, tiket pulang dibeli saat final call dengan menukarkan 500 poin dan membayar Rp 409.00,-. Awalnya, kami berencana untuk terbang via Jakarta karena lebih hemat. Namun, ternyata jika ditambah ongkos travel Bandung-Soeta ternyata sama saja + capek. Oh iya, cara dapat poin Air Asia tanpa harus naik pesawat Air Asia terlebih dahulu itu gampang lhoh! Sudah saya kupas tuntas caranya di artikel ini.

Transportasi

Selama di Singapura, kami menggunakan 3 days STP (Singapore Tourist Pass) seharga SGD 20 ditambah SGD 10 sebagai jaminan. Nantinya, SGD 10 tersebut akan dikembalikan ketika mengembalikan kartu STP. Tempat pembelian dan pengembaliannya ada di stasiun MRT Bandara Changi terminal 2. STP dapat digunakan untuk berbagai macam transportasi seperti bus, MRT, dan LRT. Jadi, kita hanya membayar SGD 20 dan unlimited ride 3 jenis transportasi tersebut selama 3 hari. STP kami gunakan untuk hari pertama hinga ketiga karena mobilitasnya banyak. Untuk hari ke empat, kami membeli ngeteng. Total transportasi 4 hari 3 malam sekitar Rp 400.000,- per orang.

Makanan

Fast food seperti MC Donalds, KFC, dan Burger King adalah makanan andalan kami untuk lunch dan dinner. Di pagi hari, kami makan breakfast roti dari hotel. Harga per paket fast food sekitar SGD 5. Selain fast food, kami juga makan makanan Melayu (ayam goreng, telur) dan India (roti canai+teh tarik). Harga per makan sekitar SGD 3. Kami juga makan agak mewah satu kali di food court Marina Bay Sands Mall dan menghabiskan SGD 8 tanpa minum. Kadang, kami juga makan pop mie dan indomie di pagi hari untuk mengganjal perut karena breakfast di hotel cuma roti. Hehehe. Total makan 4 hari 3 malam termasuk camilan-camilan (Suntory, Pocari, Jus Jeruk, dkk) sekitar Rp 400.000,- per orang.

Souvenir

Souvenir yang saya beli adalah 1 kaos, 3 magnet kulkas, 1 pack isi 6 gantungan kunci, 1 obat jerawant oxy small, dan 1 sepatu rubi. Souvenir khas Singapuran tersebut kami beli di Chinatown. Belinya bundle dan nawar jadi agak murah. Hehehe. Totalnya, sekitar Rp 300.000,-. Saking murahnya kaos yang kami beli, sekali cuci sablonnya ancur. Wkwkwk.

Tiket Wisata

Semua tiket wisata dibeli via KLOOK agar tidak antri dan loyalty-nya bisa jadi poin Air Asia. Hehehe. Tiket yang dibeli adalah Sky Luge, Gardens by The Bay (Flower Dome+Cloud Forest), dan Wings of Time. Saat itu, harganya juga lebih murah daripada kita beli OTS.

Hotel

Hari pertama dan kedua, kami menginap di Meadows Hostel seharga Rp 271.000,- per orang. Harga tersebut bisa sangat murah karena memotong “credit rewards” AirBnb saya. Jika teman-teman ingin tahu cara booking AirBnb dan dapat potongan $28 (+- 300 ribuan) bisa dicek di artikel ini. Hari ketiga, kami menginap di Hotel Oxy 88 seharga Rp 151.000,- per orang dengan kamar family room 1 kamar untuk 3 orang (1 bed kecil dan 1 bed besar). Harga tersebut juga bisa murah karena menguras poin Traveloka saya. Huhuhu #semogadapaatgantinya. Total biaya menginap per orang selama 3 malam adalah Rp 422.500,-.

Gimana, cukup murah kan?! Jika ada yang punya pengalaman lebih murah, boleh share di comment šŸ˜€ . Untuk lebih jelasnya, berikut diary perjalanan 4 hari 3 malam di Singapura.

Singapura Hari ke 1 : Meadows Hostel, Gardens by The Bay, Chinatown

Singapura Hari ke 2 : Universal Studio, Sky Luge, Cycling Sentosa, Wings of Time

Singapura Hari ke 3 : Marina Bay Sands, Hotel Oxy 88, Avenger Fan Event

Singapura Hari ke 4 : Haji Lane, China Town, Humanless Airport