Itinerary and Budget Thailand Coldplay Trip 4 D 4 N

Traveling period: 5-10 April 2017

Selain di Bangkok, dalam Thailand Coldplay Trip kali ini saya juga mengunjungi Cha Am dan Khao Yai. Di Cha Am, saya melakukan one day trip dan kembali ke Bangkok. Sementara, di Khao Yai saya menginap satu malam. Banyak hal baru yang saya temukan dalam perjalanan kali ini, saya merasakan Thailand dari sisi yang berbeda. Teman-teman saya mengira saya benar-benar berada di Greece dan Italia. Padahal, itu hanyalah theme park Thailand yang akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan di blog. Berikut itinerary Thailand Colplay Trip 4 D 4 N.

Day 1 Cloudy Hostel
Santorini Park
Central World
Day 2 Siam Paragon
Rajamangala Stadion Coldplay Concert
Day 3 Goodville Cottage
Piazza Palio
Pak Chong Night Market
Day 4 Primo Piazza
The Mew Café

Saya tiba di Bangkok midnight pada hari pertama pukul 00.35 a.m. Oleh karena itu, saya dan teman-teman menginap di Suvarnabhumi menunggu pagi. Total pengeluaran untuk trip kali ini cukup besar karena beberapa faktor. Salah satunya adalah harga tiket pesawat yang melambung tinggi bertepatan dengan momen Songkran dan Coldplay Concert.

Songkran adalah lebarannya orang Thailand, tahun baru dalam kalender mereka. Pada momen Songkran, orang-orang Thailand mudik ke kampung halaman sehingga traffic di semua jenis transportasi tinggi. Saat itu, direct flight menuju Bangkok dari Jakarta di atas 4 juta rupiah PP untuk maskapai low cost carrier airlines. Saya pun mengakalinya dengan transit di Kuala Lumpur. Tiketnya tetap mahal, 1,8 juta PP tetapi lumayan murah daripada direct flight. Padahal, jika hari biasa kita bisa mendapatkan tiket direct flight ke Bangkok 1,5 juta PP dan 1 juta PP ketika promo.

Traffic yang buruk menjadi kesempatan untuk supir taksi dan ojek. Selepas Coldplay Concert, semua taksi, bus, dan ojek penuh. Saya harus berjalan cukup jauh untuk mencari taksi kosong atau tukang ojek. Di saat seperti itu, semua taksi dan ojek menerapkan sistem harga tembak. Tidak ada taksi yang mau mengantar ke tujuan saya dan saya tidak tahu kenapa. Akhirnya, ada ojek yang mau tetapi harganya THB 400 atau kurang lebih Rp 160.000 dan tartil, satu motor tiga orang. Ini adalah ojek termahal yang pernah saya naiki.

Berikut rincian pengeluaran saya untuk trip kali ini. Budget ini untuk dua orang, jadi jika dibagi dua seorang menghabiskan Rp 4.500.000,- all in. Oh iya, pengeluaran ini termasuk one day trip Kuala Lumpur untuk menikmati masa-masa transit. Hehehe. One day trip Kuala Lumpur saya lakukan pada tanggal 5 April sebelum saya sampai Bangkok. Cerita tentang one day trip Kuala Lumpur ada di sini.

Summary

Tiket Coldplay Rp1,800,000
Tiket Pesawat Rp3,600,000
Transportasi
Rp3,000,000
Makanan
Souvenir
Tiket Wisata
Hotel Rp600,000
Total Rp9,000,000
*dengan pembulatan